Friday, September 24, 2010

dunia ini gelap sekali alam kubur lah yang terang

"taukah kalian dunia ini sangatlah gelap dan alam kubur itu adalah sesuatu yang terang" kata seorang guru yang bijak, sepertinya hendak memberi pelajaran kepada murid-muridnya.
"bagaimana mungkin,.. dunia ini terang.  kuburlah yang gelap gulita dan karena terangnya dunia ini kami bisa berjalan di siang hari. " sanggah seorang muridnya

"baiklah akan ku beritahu kalian mengenai perkara ini.  begini, aku akan menujukan kalian sebuah gua yang sangat gelap, di dalam  gua yang gelap itu ada batu yang banyak aku ingin kalian mengambil batu itu, ambilah batu itu sebanyak yang kalian bisa dan jangan bawa penerang" jawab sang guru.

ketiga muridnya pun tidak mengerti apa yang di maksudkan sang guru..

maka berangkatlah ketiga pemuda itu masuk kedalam gua yang gelap gulita tanpa cahaya mereka hanya berjalan meraba dinding gua..

para pemuda itu  punya pemikiran yang berbeda-beda

Pemuda pertama kemudian pergi  membawa batu-batu tersebut ke dalam kantong celana dan bajunya banyak sekali yang dia ambil, pikirnya "apa yang disuruh guru saya akan taat dan saya akan mengambil banyak sekali batu-batu ini i" pikir pemuda pertama.
kemudian..Pemuda kedua hanya membawa batu ala kadarnya, "apa yang difikirkan guru yang telah menyuruh kami melakukan hal demikian ah saya akan mengmbil sedikit saja, ini cuma batu" ini pikir pemuda kedua. Sementara itu, pemuda yang ketiga tidak membawa batu, dalam fikirnya, " ah guru ada-ada saja menyuruh kami melakukan hal yang tidak penting, untuk apa saya membawa batu, saya tidak mau membawa sedikit pun ini adalah hal yang sia-sia.".
Ketika sudah kembali menghadap sang guru di mulut gua., ketiga pemuda tersebut memperlihatkan bawaannya dimulut gua. Kepada ketiga pemuda itu sang guru berkata bahwa, "lihat lah apa yang kalian bawa ini adalah batu yang berharga sekali.  bukan sekedar batu biasa. ini adalah intan permata, batu-batu ini nilainya sangat tinggi, begitulah dunia ini sangat gelap(gua) sedang kubur(mulut gua)sangat lah terang sehingga nampak pada kalian amal-amal yang kalian buat waktu di dunia . Mendapat penjelasan dari sang guru ., ketiga pemuda itu mengaku menyesal dan ingin sekali  kembali lagi ke gua untuk membawa batu sebanyak-banyaknya.
mungkin mereka bertiga masih bisa lagi kembali lagi ke dalam gua. tapi bagaimana dengan manusia kelak ketika sudah mati masih kah ada kesempatan untuk kembali lagi dan bermal sebanyak-banyaknya.

cerita  tersebut merupakan tamsil kehidupan. Ia serupa perumpamaan tentang perjalanan hidup di dunia yang harus diisi dengan makna. Betapa malangnya orang yang tidak dapat memaknai kehidupan dengan beramal shaleh, tapi malah beramal salah.... Orang yang tidak bisa memaknai nilai dalam kehidupan sama dengan  pemuda tersebut yang menyesal tidak membawa batu sebanyak-banyaknya.
Peringatan agar kita mengisi hidup dan kehidupan dengan kebaikan dan amal saleh sesungguhnya banyak diutarakan dalam Alquran dan hadis. Sebut saja yang terdapat dalam Surat Al-Ashr yang menyebutkan, sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi, kecuali mengisinya dengan ibadah dan amal saleh. Andai saja manusia mengetahui balasan apa dari ibadah dan amal saleh yang telah dilakukannya, ia akan beribadah dan berbuat baik sepanjang hidupnya.
begitulah perumpamaan ini di buat  dimana kita tidak bisa melihat semua fungsi amal kita tapi kelak di akhirat pasti akan ada manfaatnya.


insya Allah semoga  Allah pilih kita untuk istiqomahkan dalam dakwah.
siapa yang lah yang tidak ingin kisahnya disebut-sebut dalam kitab yang abadi yaitu Al Quran.....
saya pun ingin untuk itu maka kita sama-sama doa..semoga kita di beri kekuatan untuk istiqomah.
hidup akan serasa indah apabila sesuai dengan maksud hidup Rasulullah Saw.....





No comments:

Post a Comment